Cara Manjakan Sepeda Motor Saat Libur Akhir Pekan

cuci motor

Tak ada salahnya memanfaatkan libur akhir pekan Anda untuk memanjakan sepeda motor kesayangan. Tujuannya untuk mengembalikan performa sepeda motor kembali prima setelah sepekan menemani aktivitas keseharian Anda.

Menurut Yosi owner bengkel motor Bengbrand, di bilangan Bekasi Timur, hal itu bisa dimulai dengan cara yang sederhana. Yakni mencuci sepeda motor secara menyeluruh, jika perlu dibersihkan menggunakan mesin steam cuci motor seminggu sekali.

Baca : Cara Mudah Mengenali Mobil Bekas yang Masih Bagus

“Kondisi sepeda motor yang kotor bisa mengakibatkan rem belakang menjadi bunyi berdecit. Bunyi tersebut diakibatkan debu atau kotoran yang bergesekan di kampas rem dan tromol, sehingga kerja rem menjadi kurang maksimal,” papar Yosi saat berbincang dengan Metrotvnews.com, di Bekasi, Sabtu (23/9/2017).

rawat motor

Selanjutnya, periksa komponen yang termasuk fast moving, seprti busi, filter udara, dan oli. Khusus motor matic, jangan lupa periksa bagian CVT yang berfungsi sebagai tenaga penggerak.

Untuk motor tipe sport dan bebek yang menggunakan rantai, cek level ketegangannya. Rantai sebagai tenaga penggerak dari mesin ke roda, pasti lama-lama akan kendur. Apalagi jika cara bawa motor yang sering buka-tutup gas atau selalu membawa beban berat, akan lebih cepat kendur.

Jadi mulai sekarang luangkan waktu minimal seminggu sekali untuk membersihkan sepeda motor kesayangan. Selain bikin kinerja motor lebih maksimal, motor jadi lebih awet, kinclong dan nyaman dikendarai.

Sumber : Metrotvnews Teknologi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*